Cara Beriklan di Tiktok untuk Bisnis Online yang Menguntungkan

Wahib Rohman

Adpublish – Melihat perkembangan tiktok sebagai salah satu platform media sosial yang sangat populer saat ini mungkin membuat kamu merasa memiliki peluang untuk memasang iklan di tiktok. Hal tersebut tidak mengherankan karena tiktok saat ini banyak dilirik oleh berbagai konten kreator maupun brand atau perusahaan sebagai salah satu sarana digital marketing untuk bisnis online yang menguntungkan.

Bagi kamu yang memiliki bisnis online yang sedang merintis maupun berkembang Tidak ada salahnya mencoba untuk cara beriklan di tiktok dan mengikuti bagaimana atmosfer tiktok yang sangat bermanfaat dalam bisnis skala kecil maupun skala besar. Sebelum kamu buru-buru untuk memasang iklan di tiktok, kamu wajib membaca rangkuman yang sudah kami kumpulkan dari berbagai sumber tentang cara berikan di tiktok untuk bisnis online.

Ketika kamu telah membaca artikel ini maka kamu bisa mendapatkan referensi untuk mempertimbangkan apakah tiktok sangat worth it menjadi salah satu media sosial yang bisa digunakan untuk mengiklankan produk atau jasa kamu sehingga bisa mencapai target yang kamu inginkan. Kami juga akan membahas secara lengkap tentang alasan kamu harus beriklan di tiktok, jenis iklan tiktok, dan cara beriklan di tiktok sebagai berikut.

Alasan Kenapa Harus Memanfaatkan Jasa Iklan Tiktok

Saat awal tiktok rilis di masyarakat, mungkin tidak ada yang menyangka bahwa tiktok bisa berkembang pesat seperti saat ini. Hal tersebut dikarenakan terdapat feedback negatif dari pengguna maupun masyarakat tentang aplikasi tiktok yang mengandung muatan negatif serta merusak moral sehingga diblokir oleh Kominfo kala itu. Problematika tersebut cukup mempengaruhi image tiktok yang saat itu masih belum berkembang.

Namun, dengan berbagai usaha pihak tiktok melakukan mediasi dan kesepakatan dengan kominfo yang akhirnya memberikan kesempatan kembali kepada aplikasi tiktok untuk mengembangkan sayapnya sebagai media sosial berbasis video pendek. Meskipun reputasinya sudah cukup tercoreng namun tiktok tidak menyerah untuk memberikan fitur dan layanan terbaik kepada penggunanya hingga kembali berjaya seperti saat ini.

Pengguna tiktok pun sudah mencapai 800 juta pengguna dan menjadi aplikasi yang banyak di download dari berbagai negara. Dengan perkembangan yang signifikan ini tentu saja membuat brand atau perusahaan besar serta startup memanfaatkan tiktok untuk beriklan karena jutaan mata akan melihat iklan kamu dan kamu bisa menjadikan ini peluang jasa iklan tiktok untuk meningkatkan bisnis online.

Ada berbagai jenis jenis iklan di tiktok yang bisa kamu gunakan dan sesuaikan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Pada bagian selanjutnya kami akan memberikan rangkuman tentang jenis-jenis iklan atau jenis konten iklan pada tiktok yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan produktivitas penjualan dan mendapat keuntungan.

Baca Juga : Belajar SEO Dalam Digital Marketing: Cara Kerja SEO On Page dan Off Page

Jenis-Jenis Iklan di Tiktok yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Cara Beriklan di Tiktok

Setelah mengetahui tentang alasan kenapa kamu harus memanfaatkan tiktok untuk beriklan, selanjutnya kami akan memberikan daftar tentang jenis-jenis iklan di tiktok yang bisa kamu gunakan untuk beriklan di tiktok sehingga produk atau jasa yang kamu tawarkan . Channel ini kami akan memberikan 5 jenis iklan tiktok disesuaikan dengan produk atau jasa agar teroptimasi dengan baik serta memiliki keuntungan jangka panjang :

1. Jenis Iklan Tiktok Brand Takeover

Apakah kamu pernah menonton konten di tiktok namun diselingi dengan beberapa ikan saat konten tersebut berlangsung? Nah itulah yang disebut dengan iklan brand takeover yang biasanya dapat muncul dengan durasi tertentu dari 3 detik hingga 5 detik full layar dengan menampilkan produk atau jasa. Meskipun begitu, iklan ini masih bisa di skip pengguna sehingga substansi iklan tersebut benar-benar menyampaikan pesan secara singkat dan padat.

Sebagai informasi, iklan jenis ini akan memuat link atau tautan yang mengarah kepada website tujuan sehingga ketika seseorang mengklik pada layar tertentu maka akan menuju kepada website tersebut. Sehingga iklan yang satu ini diharapkan dapat memberikan traffic kunjungan serta meningkatkan produktivitas penjualan produk atau jasa sesuai yang diharapkan.

2. Jenis Iklan Tiktok In Feed Video

Mungkin kamu pernah saat melihat konten di tiktok kemudian meng scroll berbagai konten, tiba-tiba konten berikutnya menampilkan sebuah tampilan iklan yang begitu menarik pada in feed video. Hal tersebut tentunya menarik minat untuk mengunjungi website yang tertera pada in feed video itu. Kamu juga bisa memberikan like pada video iklan tersebut, iklan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang menampilkan manfaat atau tutorial dari produk.

3. Jenis Iklan di Tiktok Branded AR (Augmented Reality)

Jenis iklan selanjutnya yaitu Blended AR tiktok, lu kamu tahu bahwa cara beriklan di tiktok tentunya harus mengetahui bagaimana iklan yang optimal untuk plan atau merek kamu. Namun di celana satu ini tidak membutuhkan strategi karena kamu hanya perlu mengkolaborasikan fitur stiker yang ada di tiktok dengan berbagai gambar produk yang kamu miliki.

Konten kreator seringkali memanfaatkan fitur stiker untuk membuat konten yang menarik dan relate kamu hanya perlu mendesain bagaimana stiker produk kamu digunakan oleh konten kreator dan secara tidak langsung produk kamu akan diiklankan secara gratis tanpa harus membayar konten kreator sponsor pun.

4. Jenis Iklan di Tiktok Top Views Ads

Jenis iklan satu ini bisa kamu gunakan jika ingin mempopulerkan produk atau jasa dengan lebih cepat dan bisa dijangkau oleh siapapun. Cara beriklan di tiktok dengan top views ads akan memberikan kesempatan kepada video iklan yang kamu tayangkan untuk anda di puncak feeds. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena video kamu akan muncul pada bagian awal tips pengguna dan meningkatkan peluang untuk awareness branding.

5. Jenis Iklan di Tiktok Hashtag Challenge

Jenis iklan selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk cara beriklan di tiktok yaitu hastag challenge di mana perusahaan atau print akan mempercayakan seorang konten kreator untuk membuat sebuah iklan dengan tema hastag challenge tertentu. Nantinya iklan ini akan muncul di discovery pages dan akan muncul di bagian teratas. Kamu bisa memanfaatkan jenis iklan satu ini untuk beriklan di tiktok dengan maksimal dan efektif.

Baca Juga : Cara Berjualan di Media Sosial dan Media Sosial yang Cocok Untuk Bisnis Online

Tutorial Cara Beriklan di Tiktok yang Menguntungkan Untuk Bisnis Online

Pada bagian ini, admin akan menjelaskan tentang tutorial beriklan di tiktok yang menguntungkan untuk bisnis online kamu. Kamu bisa memaksimalkan produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui jasa iklan tiktok yang dapat menjangkau siapapun dan dimanapun hanya dengan beberapa langkah mudah saja. Berikut adalah tutorial yang bisa kamu ikuti untuk cara beriklan di tiktok:

Buatlah terlebih dahulu akun tiktok ads Manager dengan link berikut https://www.tiktok.com/business/id lalu klik mulai dan isilah data email dan password pada kolom yang tersedia kemudian dapatkan kode verifikasi dan centang cara dan ketentuan yang berlaku. Jangan lupa juga untuk mengisi data negara dan mata uang yang digunakan kemudian pilih register

Setelah itu buatlah campaign baru yang bisa menentukan tujuan iklan kamu antara lain hari untuk mengenalkan produk, traffic untuk mendapatkan klik link, app instals untuk membuat pengguna mengarah ke app store dan mendownload aplikasi, bideo views untuk membuat pengguna menonton video iklan kamu, dan conversion untuk membuat pengguna melakukan aksi tertentu seperti membeli atau berlangganan.

Tentukan opsi pajak iklan pada tingkatan yang sesuai dengan finansial yang kamu miliki antara lain ada no limit, lifetime dan daily. Setelah menentukan campaign baru dan budget, apa saja kamu membuat campaigm dengan cara klik create new lalu klik use existing dan pilih advertising objective tadi. Kemudian pada kolom setting kamu bisa menulis nama campaign dan aktifkan opsi create split test. Lalu pilihlah budget dan klik tombol continue.

Selanjutnya yaitu tentukan pengaturan ad group untuk menentukan kapan iklan akan muncul, siapa yang akan melihatnya, dan di mana iklan akan muncul.

Terakhir yaitu memasang tiktok ad yang bisa kamu pilih dalam dua format yaitu gambar atau video, namun untuk iklan biasanya akan menggunakan video
Semoga lancar !

Penutup

Akhir kata, sebagai penutup kami ucapkan terima kasih karena telah membaca artikel ini hingga selesai tentang cara beriklan di tiktok serta informasi lainnya seperti jenis-jenis iklan tiktok dan kenapa kamu harus beriklan di tiktok. Semoga informasi ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan branding pada produk atau jasa yang kamu tawarkan, semoga kamu mendapatkan keuntungan dari jasa iklan tiktok!

Bagikan:

Wahib Rohman

Wahib Rohman

Seseorang yang ingin terus belajar khususnya dibidang yang tengah digeluti saat ini yaitu Online Marketing atau Internet Marketing.

Baca Juga

Leave a Comment