Tips Pasang Iklan di Facebook Ads Agar Hasilnya Maksimal

Wahib Rohman

Tips Pasang Iklan di Facebook Ads Agar Hasilnya Maksimal

Adpublish – Saat ini, beriklan di media sosial menjadi salah satu metode advertising yang banyak digunakan oleh beberapa perusahaan untuk mengiklankan produk atau layanan mereka kepada banyak orang. Beberapa media sosial kini juga berlomba-lomba untuk menyediakan layanan ads yang bisa membantu banyak perusahaan dalam menyebarluaskan produk dan layanannya.

Sejauh ini, ada banyak media sosial yang bisa kamu gunakan sebagai media untuk beriklan atau mempromosikan bisnis, namun dari sekian banyak media sosial yang menyediakan layanan iklan digital, Facebook menjadi salah satu pilihan bagi banyak perusahaan untuk menjadi media dalam mengiklankan bisnisnya.

Tahukah kamu kalau Facebook juga menyediakan layanan periklanan yang dikenal sebagai Facebook ads, di mana layanan ini digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengiklankan bisnisnya hingga menyebar luas.

Facebook sendiri menempati posisi ketiga sebagai media sosial yang banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan data yang berhasil kami dapatkan bahwa sebanyak 82% penduduk Indonesia aktif dalam menggunakan Facebook setiap hari. 

Bagi kamu para pemilik bisnis, hal ini tentu menjadi peluang tersendiri bagi bisnis kamu untuk bisa dikenal oleh banyak orang yang tersebar dari seluruh Indonesia. Kamu bisa memanfaatkan fitur atau layanan Facebook untuk mempromosikan bisnis kamu dan menjangkau hampir seluruh penduduk Indonesia dengan hanya menggunakan satu platform saja.

Meskipun beriklan di Facebook memiliki peluang yang cukup besar, namun kamu perlu mengetahui tips pasang iklan di Facebook Ads agar kamu bisa memaksimalkan peluang tersebut. Nah, bagi kamu yang ingin tahu tips sukses beriklan di Facebook, yuk simak ulasan berikut ini secara lengkap dan pastikan kamu tidak ketinggalan informasinya.

Informasi Mengenai Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu! 

Tahukah kamu, Facebook merupakan sebuah layanan iklan berbayar yang dimiliki oleh platform Facebook yang populer digunakan oleh para pemilik bisnis saat ini. Kamu tentu sudah tahu kalau platform yang satu ini menjadi salah satu media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh orang-orang dari seluruh dunia.

Sebagian besar dari para pemilik bisnis percaya bahwa menggunakan Facebook ads bisa menjangkau audience berdasarkan demografinya yang mencakup berbagai hal penting terkait pasar yang hendak dijangkau. Hal penting tersebut mulai dari pendidikan, umur, jenis kelamin, pekerjaan, dan lain sebagainya. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa apabila kamu menggunakan Facebook Ads sebagai media dalam beriklan, maka kamu bisa dengan mudah menentukan target konsumen agar tepat sasaran sesuai dengan yang kamu harapkan.

Keuntungan yang Bisa Diperoleh Saat Menggunakan Facebook Ads

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips pasang iklan di Facebook Ads, kamu bisa mempertimbangkan terlebih dahulu keuntungan yang bisa kamu peroleh saat menggunakan Facebook Ads sebagai media untuk beriklan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari beriklan melalui Facebook Ads ini.

1. Target Iklan yang Lebih Tepat Sasaran

Keuntungan menggunakan Facebook Ads sebagai media iklan yaitu target audiens yang lebih tepat sasaran, di mana kamu bisa melakukan pengaturan sendiri terkait konsumen yang ingin kamu jangkau berdasarkan data, mulai dari jenis kelamin, pekerjaan, usia, minat, hingga hobi. 

2. Tarif Menyesuaikan Budget yang Dimiliki

Selain bisa mengatur target audience, kamu juga bisa mengatur iklan agar biaya yang kamu keluarkan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Hal ini tentu akan meminimalisir biaya atau budget yang kamu keluarkan untuk memasang iklan.

3. Pilihan Konten Iklan yang Beragam

Kamu bisa menyesuaikan bentuk konten iklan yang sesuai dengan kebutuhan kamu namun tetap menarik bagi para audiens. Sebuah iklan tentunya akan lebih menarik jika berisi konten kreatif yang unik yang bisa berupa gambar, suara, maupun video. Melalui Facebook ads, kamu bisa memasang iklan berbentuk gambar ataupun video yang bisa membuat iklan kamu lebih menarik.

4. Membantu dalam Meningkatkan Branding

Dengan mengiklankan produk dan layanan di Facebook ads, bisa membuat produk atau bisnis kamu semakin dikenal oleh banyak orang dari berbagai wilayah, apalagi jika diiringi dengan strategi yang tepat, maka mereka bisa menjadi pelanggan atau konsumen dari produk yang kamu iklankan.

5. Membangun Relasi Lewat Komunitas

Keuntungan yang terakhir jika kamu menggunakan Facebook Ads sebagai media iklan yaitu kamu bisa membangun komunitas yang bisa juga difungsikan untuk tempat promosi dan juga jualan. Selain sebagai wadah untuk promosi dan jualan, kamu juga bisa sekaligus menjalin interaksi dan relasi yang solid dengan para konsumen dan sesama pebisnis lainnya.

Baca Juga : Tips Berjualan di Marketplace: Shopee, Tokopedia, dan Lazada

Tips Pasang Iklan di Facebook Ads Agar Hasilnya Maksimal

Tips Pasang Iklan di Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu!

Berikut ini adalah tips sukses memasang iklan di Facebook ads yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa memaksimalkan iklan yang  dipasang di Facebook ads.

1. Menentukan Tujuan Iklan yang Tepat

Tips pasang iklan di Facebook Ads yang pertama sekaligus menjadi langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membuat iklan di Facebook yaitu menentukan tujuan mengapa kamu membuat iklan tersebut. Ketika kamu mendaftar di Facebook ads, maka kamu akan diminta untuk memasukkan tujuan iklan yang telah disediakan.

Facebook Ads sendiri menyediakan tujuan iklan yang dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu kesadaran, pertimbangan, dan juga konversi, di mana masing-masing kategori tersebut dibagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih spesifik.

2. Menentukan Target Audiens Iklan yang Tepat

Tips pasang iklan di Facebook ads berikutnya telah dibahas sebelumnya di bagian kelebihan dari Facebook ads, di mana kamu bisa menawarkan produk atau jasa kepada audiens yang sesuai dengan target. Misalnya kamu menjual pakaian olahraga anak perempuan dan wanita dewasa, dan toko kamu berada di wilayah Jakarta dan Surabaya, maka target audiens (buyer persona) yang tepat yaitu

  • Usia: 6 – 45 tahun
  • Jenis kelamin: Perempuan
  • Lokasi target audiens: Jakarta dan Surabaya
  • Hobi/interest: Olahraga
  • Ukuran: S – XXL
  • Kebiasaan: Pengguna mobile

Untuk membantu kamu dalam menentukan target audience yang tepat, maka ada tiga cara yang bisa kamu lakukan diantaranya:

  • Menggunakan persona research
  • Memanfaatkan Google Analytics
  • Menggunakan Facebook Pixel

3. Membuat Konten Iklan yang Menarik

Konten menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi iklan yang kamu buat, sekaligus juga menjadi penentu bagi para audience untuk melakukan action like, komentar, share, atau melakukan pembelian. 

Oleh karena itu, kamu harus bisa menciptakan konten yang menarik perhatian para audiens agar mau menggunakan jasa atau produk yang kamu tawarkan. Beberapa tips pasang iklan di Facebook ads dalam hal membuat konten menarik bisa kamu lihat di bawah ini:

  • Mendesain konten visual yang menarik perhatian audiens
  • Memperhatikan relevansi konten dengan tujuan iklan
  • Membuat judul/headline yang menarik
  • Membuat deskripsi iklan yang jelas dan mudah dimengerti audiens
  • Membuat tombol call to action (CTA)

4. Memilih Format Iklan yang Tepat dan Sesuai

Format iklan yang kamu pilih tentunya harus sesuai dengan tujuan iklan yang ingin kamu capai, misalnya jika kamu ingin menjangkau lebih banyak audiens atau berinteraksi dengan calon konsumen, maka format iklan yang cocok untuk menggunakan yaitu iklan video. Adapun bentuk 4 format iklan yang bisa kamu gunakan di Facebook Ads yaitu:

  • Iklan gambar tunggal
  • Iklan slide
  • Iklan video tunggal
  • Iklan bentuk Carousell

5. Memanfaatkan Fitur Facebook Ads Secara Maksimal

Tips pasang iklan di Facebook Ads yang selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan semua fitur yang disediakan oleh Facebook ads secara maksimal. Berikut ini adalah beberapa fitur advertising terbaru yang dimiliki oleh Facebook ads:

  • Custom audience
  • Lookalike audience
  • Conversion tracking
  • Retargeting

6. Mengkonversikan Iklan dari Facebook Ads dengan Baik

Setelah berhasil membuat iklan dengan baik, tips pasang iklan di Facebook ads yang terakhir yaitu dengan mengkonversikan iklan supaya para audiens aktivitas yang sudah mengenal bisnis kamu menjadi lebih tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Caranya yaitu dengan menjalankan sistem operasional secara offline, baik dalam hal sistem kerja karyawan, teknologi yang digunakan maupun budaya kerja.

Penutup

Akhir kata, demikian pembahasan mengenai tips pasang iklan di Facebook ads agar sukses dan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang kamu inginkan. Semoga informasi kali ini bisa berguna untuk terutama bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk mempromosikan bisnis melalui Facebook ads.

Bagikan:

Wahib Rohman

Wahib Rohman

Sebagaimana banyak orang, saya juga berkeinginan dalam hidup ini yaitu mempunyai cita-cita menjadi pribadi yang menebar manfaat bagi banyak orang, khusus nya di dunia digital marketing.

Tags

Baca Juga

Leave a Comment