Pengertian Lengkap Apa Itu Digital Marketing

Wahib Rohman

Adpublish.id – Pernahkah anda mendengar istilah Digital marketing yang belakangan ini berkembang sebagai lini bisnis yang banyak dijalankan oleh sebagian besar orang saat ini. Seperti yang kita tahu, teknologi dan informasi semakin berkembang dan banyak membantu masyarakat dalam berbagai aspek termasuk di bidang ekonomi.

Sebagai pengguna media sosial, anda tentu sudah pernah melihat di mana suatu brand atau produk yang melakukan promosi atau kampanye secara online melalui berbagai media jejaring sosial. Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat, membuat tren Digital marketing juga semakin bervariasi.

Lalu, sudahkah banyak orang mengetahui tentang pengertian dan pembahasan Apa itu Digital marketing serta berbagai informasi lainnya yang tentunya sangat penting untuk diketahui. Agar bisa memahami terkait dengan Digital marketing, maka anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini secara utuh untuk mendapatkan informasi yang menyeluruh.

Pengertian dan Pembahasan Apa Itu Digital Marketing yang Wajib Diketahui Oleh Masyarakat

Perlu anda tahu, Digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi yang dilakukan oleh sebuah brand atau produk dengan menggunakan media digital atau internet. Jika dilihat dari definisinya, anda tentu sudah bisa menerka tujuan dari adanya Digital marketing ini, di mana Digital marketing ini bertujuan untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara luas dan cepat dengan memanfaatkan teknologi.

Jenis pemasaran yang satu ini banyak melibatkan media digital seperti situs web, media sosial, perangkat seluler, mesin pencarian (search engine), dan juga media. Pemasaran digital atau yang biasa disebut sebagai Digital marketing mulai populer ketika munculnya layanan internet di tahun 1990-an.

Digital marketing ini melibatkan berbagai prinsip yang sama dengan pemasaran konvensional, sehingga sering dianggap sebagai cara baru bagi perusahaan untuk mendekati serta memahami perilaku para konsumen.

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, tidak jarang beberapa perusahaan sering menggabungkan teknik pemasaran konvensional dan juga teknik Digital marketing sebagai strategi mereka dalam memasarkan produk.

Digital marketing sendiri memiliki berbagai teknik yang juga digunakan oleh banyak perusahaan saat ini, seperti SEO (search engine optimization), periklanan media sosial seperti FB ads dan juga Google ads, iklan televisi, radio, email marketing, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Situs Freelancer 2023 yang Bisa Menghasilkan Cuan, Simak Disini!

Keunggulan Digital Marketing Dibandingkan Teknik Pemasaran Lainnya

Setelah mengetahui mengenai pengertian dan pembahasan Apa itu Digital marketing, anda juga harus memahami hal-hal yang menjadi keunggulan Digital marketing terutama jika dibandingkan dengan teknik marketing lainnya. Sejauh ini, sudah ada banyak sekali perusahaan yang menggunakan teknik Digital marketing, sehingga membuktikan bahwa teknik pemasaran digital ini memiliki banyak keunggulan dan manfaat yang bisa diperoleh. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari Digital marketing jika dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional.

1. Kecepatan dalam penyebaran

Keunggulan pertama dari Digital marketing yaitu ada pada kecepatan dalam penyebaran informasinya. Hal ini dikarenakan strategi pemasaran dengan menggunakan media digital bisa anda lakukan dengan sangat cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik, dimana digital marketing juga dapat diukur secara real Time dan tepat.

2. Branding yang Mudah dan Luas

Keunggulan selanjutnya ada pada pengaplikasian Digital marketing yang mudah, dan juga proses branding yang jauh lebih cepat dengan jangkauan promosi yang lebih luas dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

3. Biaya yang Relatif Murah dan Efektif

Jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional, tentu saja Digital marketing memiliki biaya yang jauh lebih murah dan juga efektif digunakan. Bahkan menurut Gartner’s Digital marketing spend report, biaya anggaran yang hemat bisa mencapai 40%. Survei lainnya juga menunjukkan bahwa ada sekitar 28% pengusaha kecil yang akan berpindah dari pemasaran konvensional ke Digital marketing karena terbukti lebih efektif.

4. Pengumpulan Data Marketing

Keunggulan Digital marketing yang lainnya yaitu adanya kemudahan yang akan didapatkan oleh perusahaan dalam hal mengumpulkan data konsumen. Misalnya dalam aspek iklan digital, seperti Google ads dan Facebook ads, akan memunculkan keuntungan yang besar yaitu sebuah data.

Halaman data ini dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam rangka mengembangkan strategi pemasaran untuk periode berikutnya. Data konsumen ini biasanya bisa berupa jenis kelamin, usia, minat lokasi konsumen, dan juga preferensi pembelian yang dilakukan oleh konsumen.

5. Membangun Brand dengan Baik

Keunggulan terakhir dari Digital marketing yaitu bisa membantu anda dalam membangun nama brand dengan baik. Adanya eksistensi dunia maya tentunya sangat penting dan berkaitan dengan keberadaan brand anda, karena tentunya orang akan melakukan pencarian secara online sebelum membeli produk anda.

Baca Juga : Tips Berjualan di Marketplace: Shopee, Tokopedia, dan Lazada

Contoh Teknik Digital Marketing yang Banyak Digunakan Perusahaan

Pengertian dan pembahasan Apa itu Digital marketing tidak akan lengkap jika tidak membahas mengenai contoh teknik digital marketing. Berikut penjelasan lengkap mengenai contoh Digital marketing yang cukup banyak digunakan oleh perusahaan saat ini.

  • Website, berperan dalam menunjukkan profesionalisme dari perusahaan, dan juga bisa membantu konsumen dalam mengetahui bisnis, promosi hemat, dan media bisnis yang mudah.
  • Email marketing, dimana teknik ini bertujuan untuk memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung dan juga produk atau jasa terbaru yang ditawarkan.
  • Sosial media marketing, yaitu Dengan menyebarkan produk atau brand melalui media sosial yang tentunya gratis dalam rangka meningkatkan peran perusahaan.
  • SEO dan SEM, merupakan upaya untuk mengoptimalisasi sebuah situs agar bisa mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian.
  • Content marketing, yaitu upaya untuk merencanakan, membuat, dan membagikan konten yang berkaitan dengan perusahaan, sehingga bisa memotivasi konsumen untuk membeli produk.
  • Online advertising, yaitu media promosi melalui internet berbayar dengan jangkauan konsumen yang lebih cepat, namun memiliki biaya yang lebih mahal.
  • Pay per click (PPC), yaitu cara untuk mengarahkan traffic ke situs anda dengan bayaran setiap klik.
  • Video marketing, yaitu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan dengan langsung menjelaskan tentang bisnis melalui media audio visual (video).
  • Affiliate marketing, yaitu ketika perusahaan bermitra dengan layanan atau situs milik orang lain untuk membuat komisi dengan cara merujuk pembaca atau pengunjung untuk mengunjungi bisnis anda.
  • Native advertising, merupakan bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang mirip dengan konten media dan juga penempatannya, misalnya promoted post di Facebook dan Instagram.

Tips dan Langkah untuk Memulai Bisnis Digital Marketing Khusus Bagi Para Pemula

Setelah mengetahui pengertian dan pembahasan Apa itu Digital marketing, maka pembahasan selanjutnya yaitu terkait dengan tips khusus bagi para pemula untuk bisa memulai bisnis Digital marketing yang bisa anda simak berikut ini.

1. Langkah 1: Menyiapkan Alat Bantu Digital Marketing 

Siapkan alat bantu yang dapat digunakan dalam Digital marketing, seperti website, akun media sosial, unggahan blok, identitas brand dan produk, review dan feedback dari para pelanggan, dan lain sebagainya.

2. Langkah 2: Menyiapkan Konten yang Menarik

Siapkan juga konten yang menarik perhatian dan ramah bagi para pengguna media sosial, gimana konten tersebut dapat berupa foto, video, teks, dan lain sebagainya. anda harus bisa menentukan tujuan pemasaran dan juga target pasar yang harus disesuaikan dengan konten yang akan anda buat.

3. Langkah 3: Mengunggah dan Mengevaluasi Unggahan

Mulailah untuk mengunggah dan mengevaluasi setiap unggahan di masing-masing media sosial yang dimiliki, di mana anda harus menentukan media mana yang bisa memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang bisa memberikan feedback yang baik untuk bisnis anda.

4. Langkah 4: Bergabung dengan Forum Marketplace

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah bergabung dengan forum marketplace publik, dan mulailah untuk mempromosikan unggahan di akun anda. Usahakan agar profil bisnis anda tetap bagus, karena hal ini berpengaruh terhadap Citra dari brand anda.

Penutup

Demikian informasi mengenai pengertian dan pembahasan Apa itu Digital marketing yang sudah kami jelaskan secara lengkap untuk anda. Semoga informasi yang kami bahas bisa bermanfaat bagi anda semua, Jangan lupa untuk mengupdate selalu informasi lainnya yang bermanfaat hanya di situs kami.

Bagikan:

Wahib Rohman

Wahib Rohman

Sebagaimana banyak orang, saya juga berkeinginan dalam hidup ini yaitu mempunyai cita-cita menjadi pribadi yang menebar manfaat bagi banyak orang, khusus nya di dunia digital marketing.

Tags

Baca Juga

Leave a Comment