Juni 22, 2022

Website, Landing Page, dan Toko Online Dalam Digital Marketing

AdPublish - Strategi digital marketing saat ini sangat dibutuhkan bagi sebagian pengusaha skala kecil maupun besar untuk mencapai hasil dan target yang diinginkan. Pemasaran secara online saat ini memiliki berbagai macam cara yaitu bisa melalui website, landing page, dan toko online. Tentu saja, ketiga hal tersebut memiliki pengertian serta kelebihan dan kekurangan yang berbeda sehingga anda perlu memahami ketiga hal tersebut demi kebutuhan bisnis online.

 

Website, Landing Page, dan Toko Online Dalam Digital Marketing

 

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang sangat lengkap tentang website, landing page, dan toko online serta contohnya masing-masing. Jangan pusing dulu, karena tulisan kali ini akan kami bungkus seringan mungkin agar dapat mudah diterima serta dipahami. Selain itu, website, landing page maupun toko online merupakan ilmu yang sangat berguna bagi anda yang ingin mencapai kesuksesan melalui digital marketing.

Pengertian Website, Landing Page, dan Toko Online dan Fungsinya

Variabel pada judul di atas memiliki arti yang berbeda sehingga anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian website, pengertian landing page dan pengertian toko online. Hal ini tentu merupakan langkah awal yang harus anda pahami untuk menentukan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis online.

Pemilihan untuk membuat website, landing page maupun toko online harus anda pertimbangkan secara matang.
Oleh karena itu, berikut ini kami telah merangkum pengertian dari website, landing page dan toko online dalam digital marketing. Kami juga akan memberikan informasi tentang peranan atau manfaat dari ketiga pilar di atas sehingga anda bisa menentukan strategi mana yang cocok dan sesuai untuk membangun bisnis online dengan kaidah digital marketing:

1. Pengertian dan Fungsi Website Dalam Digital Marketing

Website merupakan sebuah sarana digital yang berisi informasi teks, audio, dan sebagainya sehingga setiap orang dapat mengakses melalui perangkat komputer atau gadget yang tersambung dengan internet. Website memudahkan setiap orang untuk mengakses berbagai informasi yang interaktif serta saling keterkaitan sehingga bisa dibilang website menjadi salah satu sarana efektif yang digunakan seseorang dalam berbisnis online.
Kenapa harus membuat website? Hal ini pasti muncul di benak anda dan berpikir bahwa membuat promosi hanya cukup melalui marketplace atau media sosial saja. Padahal itu adalah pemikiran yang keliru karena manfaat website untuk bisnis sangat memberikan pengaruh yang besar. Dengan website, strategi marketing akan menjangkau konsumen yang luas, produk atau jasa yang memiliki website juga akan tampak profesional dan terpercaya.

Banyak orang atau pelaku bisnis yang merupakan untuk membuat website padahal fungsi website dalam Digital marketing dapat memberikan exposure dan menjadi lahan yang potensial untuk membangun bisnis online yang memiliki presence. Selain itu, manfaat website dalam bisnis online bisa dibilang sebagai pusat edukasi untuk pelanggan dan konsumen sehingga dapat mempersingkat konsumen journey.

2. Landing Page Adalah ? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Selanjutnya, dalam dunia di jalan marketing landing page adalah suatu halaman yang sudah dirancang dan dibuat khusus untuk pelanggan atau konsumen setelah mengklik iklan digital di berbagai platform maupun media sosial seperti email, website, Google ads, dan masih banyak lagi. Berbeda dengan website yang lebih berfokus pada eksplorasi dan keseluruhan informasi yang dapat dijangkau oleh pelanggan.
Landing page fokus untuk mengarahkan pelanggan atau konsumen untuk bertindak dan mengunjungi halaman yang berisi iklan atau penawaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan konversi penjualan. Biasanya, landing page fokus dengan satu tujuan untuk menambah minat dan ketertarikan audience kemudian mengklik iklan tersebut sehingga hal ini bisa juga disebut sebagai call to action.

Landing page ini memang benar-benar digunakan sebagai strategi digital marketing digital marketing khususnya pada marketing camping melalui iklan digital. Adapun fungsi landing page antara lain membuat konsumen tertarik dan melakukan aksi seperti membeli, mendaftar atau mendownload. Kemudian tentu saja untuk meningkatkan conversion dan menambah prospek penjualan, lalu landing page juga bisa berguna untuk menekan biaya promosi.

Audiens atau calon konsumen akan langsung diarahkan berbagai katalog menarik sehingga landing page bersifat persuasif yang membuat audience melakukan aksi untuk membeli karena pada halaman ini berbagai review maupun testimoni terbaik disajikan untuk membangun kredibilitas produk maupun jasa. Landing page bisa meningkatkan traffic pencarian untuk mendukung bisnis mencapai target yang sudah ditentukan.

3. Apa Itu Toko Online dan Cara Kerja Toko Online

Mungkin anda sudah tidak asing lagi tentang pengertian apa itu toko online karena saat ini kebutuhan masyarakat sudah beralih untuk membeli segala sesuatu secara online. Adanya kemudahan toko online adalah media atau sarana yang menjadi tempat untuk menjual produk maupun jasa secara online sehingga konsumen atau audience dapat melihat dan memesan produk atau jasa yang sedang dijual.
Toko online memanfaatkan halaman website maupun blog untuk membuat katalog berbagai produk atau jasa yang ingin ditawarkan. Biasanya, website yang terfokus pada katalog produk maupun jasa yang dijual bisa disebut toko online. Namun, ada juga toko online yang digawangi oleh perusahaan besar yang disebut marketplace sehingga banyak penjual atau pembeli lebih nyaman menggunakan toko online melalui aplikasi atau platform tersebut.

Cara kerja toko online biasanya penjual meminta bantuan dari web developer untuk membuat template toko online pada sebuah website sehingga penjual dapat dengan mudah memposting berbagai katalog produk atau jasa yang akan dijual. Kemudian audiens atau calon pembeli bisa melihat dan mengekspor berbagai produk atau jasa tersebut, mereka akan fokus pada produk atau jasa yang anda jual saja yang mana hal ini berbeda dengan marketplace.

Website, Landing Page, dan Toko Online Dalam Digital Marketing

 

Baca Juga : Pengertian Lengkap Apa Itu Digital Marketing

 

Contoh Website, Landing Page dan Toko Online Lengkap Dengan Kelebihan dan Kekurangannya Dalam Digital Marketing

Setelah mengetahui pengertian serta penjelasan dari fungsi dan cara kerja dari website, landing page, dan toko online dalam dunia digital marketing. Selanjutnya, kita akan membahas apa saja contoh website, contoh landing page dan contoh toko online untuk kepentingan strategi di jalan marketing dan meningkatkan penjualan. Kami juga akan merangkum kelebihan serta kekurangan dari ketiga hal diatas sebagai berikut:

1. Contoh Website Dalam Digital Marketing Serta Kelebihan dan Kekurangan Website dalam Pemasaran

Kelebihan dan kekurangan website dalam pemasaran tentu sangat signifikan, kelebihan website bisnis mengarah kepada jangkauan yang lebih luas serta eksposur profesional untuk mendapatkan citra sebuah brand atau merek. website untuk digital marketing bisa dibilang menjadi strategi pelengkap yang dibutuhkan oleh pengusaha maupun perusahaan karena memuat informasi dan edukasi yang dibutuhkan oleh pelanggan dan calon konsumen.
Kekurangan website bisnis terletak pada kredibilitas yang mana untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan tidak cukup hanya dengan website. Selain itu, anda tidak bisa mendapatkan sepaket keuntungan dari penjualan melalui website sehingga perlu strategi digital marketing lain untuk menyempurnakannya. Bagi anda yang memiliki bisnis skala kecil maupun besar tidak ada salahnya untuk membuat website untuk menambah peluang.

Contoh website dalam digital marketing sangat banyak sekali terutama pada brand atau perusahaan besar seperti samsung (perusahaan gadget), jago (perusahaan dompet digital), dan lain lain. anda juga bisa membangun website dengan nama brand atau merek anda yang telah terdaftar. Bisa juga membangun website untuk produk skin care, website toko online, website alat kesehatan, dan masih banyak lagi.

2. Contoh Landing Page Dalam Digital Marketing Serta Kelebihan dan Kekurangan Website dalam Pemasaran

Saat anda membangun bisnis online dengan strategi digital marketing tentu tidak akan bisa melewatkan yang namanya landing page, kelebihan landing page dalam digital marketing terletak pada fokus utama untuk meningkatkan penjualan dan memberikan penawaran menarik yang disukai oleh pelanggan. Landing page memang terfokus pada apa yang menjadi kelebihan dari sebuah brand atau merek.
Kekurangannya, landing page dalam digital marketing biasanya dimuat juga disesuaikan dengan berbagai iklan yang muncul pada berbagai platform maupun media sosial. Bagi sebagian audience hal ini bisa mengganggu pemandangan karena banyak konten penting yang tertutup dengan iklan landing page. Landing page yang baik akan mengarahkan calon konsumen secara alami tanpa spam dan sebagainya

Contoh landing page dalam digital marketing ada dua yang bisa dibilang direkomendasikan yaitu pertama lead generation landing page yang biasanya menawarkan untuk berlangganan pembaruan atau informasi newsletter secara berkala melalui email. Landing page yang satu ini meletakkan penawaran berbarengan dengan pendaftaran email yang terkadang ikut dicentang oleh audience.

Kedua, clickthrough landing page yang bisa anda lihat pada website sebuah perusahaan atau merek tertentu yang akan memberikan tulisan persuasif kemudian di bawahnya akan ada tombol yang bisa anda klik untuk membeli, mendaftar atau mendownload. Ada juga foto atau cuplikan video yang di desain interaktif tentang keunggulan produk.

3. Contoh Toko Online Dalam Digital Marketing Serta Kelebihan dan Kekurangan Website dalam Pemasaran

Selanjutnya, kelebihan toko online terletak pada fokus dari produk dan jasa yang ditawarkan oleh satu merek atau brand saja sehingga tidak tercampur atau bersaing dengan penjual lainnya. Pada toko online, anda bisa berfokus untuk menyampaikan keunggulan produk milik sendiri dan meningkatkan citra brand dengan testimoni. Kekurangannya toko online saat ini banyak orang yang malas dan enggan mengakses toko online karena ada marketplace.
Contoh toko online bisa anda lihat pada berbagai produk atau jasa yang ditawarkan seperti beebatik.com (batik asli pekalongan). Toko online sangat cocok bagi anda yang ingin memiliki tempat atau privilege dalam menjangkau audiens dan calon konsumen. anda bisa memaksimalkan toko online milik sendiri dan mengelola target sesuai dengan keinginan.

Penutup

Akhir kata, sekian informasi yang bisa kami bagikan tentang website, landing page komandan toko online dalam digital marketing. Ketiganya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing serta bisa anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan bisnis online. Bahkan, anda bisa mengaplikasikan ketiganya untuk strategi digital marketing yang optimal dan maksimal.

Article written by Adhitya Tri

One comment on “Website, Landing Page, dan Toko Online Dalam Digital Marketing”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Be The Best Version Of You
© 2022 Adpublish.id. Powered by AdPublish Team
layers
1
Support WhatsApp
Hai admin Adpublish. Saya butuh bantuan kak, Mohon untuk dibantu dong kak, terimakasih ^_^