Belajar SEM Dalam Bisnis Online: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Wahib Rohman

AdPublish.id – Dalam dunia bisnis online tentunya anda wajib belajar SEM atau Search Engine Marketing yang sangat berguna sebagai strategi untuk mempromosikan dan mengiklankan sebuah bisnis. Berbeda dengan belajar SEO, hasil dari SEM bisa dibilang memiliki estimasi yang lebih cepat dalam digital marketing sehingga sangat cocok untuk website baru yang sedang merintis dan sangat sesuai bagi orang yang menginginkan hasil signifikan sesuai target.

Search engine marketing bisa dibilang sebagai metode pemasaran terbaik untuk meningkatkan web traffic, jika anda belajar SEM dengan tepat maka dapat memperoleh posisi teratas pada pencarian search engine. Peningkatan web traffic yang signifikan bisa memunculkan kunjungan yang tinggi dan transaksi yang diharapkan. SEM merupakan bagian dari SEO untuk menggerakkan konversi sebagai kampanye digital marketing.

Bagi anda yang ingin belajar SEM dalam bisnis online secara lengkap maka anda sudah berada pada artikel yang tepat karena pada artikel ini kami akan memberikan rangkuman dari pengertian memanfaatkan, serta contohnya. anda akan bisa melihat bagaimana SEM memberikan hasil terbaik pada web traffic sehingga jangkauan menjadi lebih luas dan menambah awareness branding pada produk atau layanan yang ditawarkan.

Google website display on computer screen

Apa itu SEM dan Manfaat SEM Dalam Bisnis Online

Search engine marketing artinya strategi atau metode pemasaran berbayar atau dengan kata lain anda memasang iklan website pada mesin pencari untuk meningkatkan web traffic. Ciri website yang menggunakan SEM akan tertera logo atau tulisan iklan atau ads di samping link website tersebut. Biasanya orang yang memiliki website atau disebut pengiklan akan memasang kampanye dengan keyword yang sesuai dengan bisnis yang ditawarkan.

Kemudian ketika pengunjung atau orang yang menjelajah internet mencari keyword terkait maka website pengiklan akan muncul dan diprioritaskan oleh mesin pencari. SEM membuat sebuah website dapat dilihat dengan mudah oleh pengunjung karena bisa dibilang mendapatkan impresi dari layanan mesin pencari. Pembayaran dari iklan yang ditampilkan tersebut akan diambil dari PPC atau ketika ada orang yang mengklik websitenya.

Pada dasarnya, SEO dan SEM memiliki tujuan yang sama itu untuk mengoptimalkan website muncul pada ranking atau traffic search engine. Namun, perbedaannya terletak pada prioritas serta posisi dari websitenya. Website dengan iklan berbayar (SEM) akan ditampilkan di atas website tanpa iklan berbayar (SEO), berikut adalah manfaat SEM dalam menjalankan bisnis online:

1. Hasil Traffic Lebih Cepat dan Dapat Menentukan Sasaran Pengunjung

Keuntungan atau manfaat jika sebuah website menggunakan SEM hasil trafik atau pencarian web akan lebih cepat dan optimal dibandingkan hanya menggunakan SEO. Hal tersebut dikarenakan website yang memiliki iklan berbayar tentu akan diprioritaskan untuk tampil di halaman pencarian search engine terutama Google. anda bebas untuk memperpanjang maupun berhenti dari iklan berbayar tersebut kapanpun.

Tentunya ini sangat berbeda jika website anda hanya menggunakan strategi digital marketing SEO yang tidak langsung muncul pada halaman pencarian namun harus diindeks terlebih dahulu dan menunggu beberapa waktu. Dengan adanya SEM, anda juga bisa menentukan sasaran pengunjung dengan lebih spesifik seperti lokasi, gender, jadwal, dan sebagainya untuk menargetkan traffic pengunjung dan meningkatkan penjualan yang efektif.

2. Meningkatkan Conversion Rate Dengan Harga yang Relatif Murah

Website yang menggunakan search engine marketing tentu berpotensi untuk meningkatkan conversion rate dengan membidik kata kunci dengan search inten pembelian. Misalnya, anda ingin mengiklankan bisnis batik tradisional kemudian anda beriklan melalui kata kunci batik tradisional berkualitas. Ketika ada pengunjung mencari kata kunci tersebut maka langsung diprioritaskan mengarah ke halaman websitemu dan akan muncul sebagai iklan.

anda bisa mendapatkan posisi pencarian teratas dan ketika pengunjung mengklik website anda dan melihat landing page lalu memutuskan untuk membeli maka conversion rate akan meningkat. Hal ini bisa anda dapatkan dengan harga yang relatif murahhal ini bisa anda dapatkan dengan harga yang relatif murah, bahkan anda bisa menentukan sendiri budget iklan berbayar yang ingin dikeluarkan dengan layanan SEM.

3. Meningkatkan Brand Awareness dan Memaksimalkan Pemasaran Online

Manfaat SEM dalam bisnis online yaitu bisa meningkatkan brand awareness yang mana website produk atau layanan anda akan muncul pada pencarian prioritas. Bisa dibilang SEM merupakan booster website untuk memaksimalkan strategi digital marketing secara optimal dalam bisnis online. anda akan mendapatkan berbagai keuntungan jangka pendek maupun jangka panjang saat memutuskan untuk menggunakan strategi SEM dalam bisnis online.

Baca Juga : Belajar SEO Dalam Digital Marketing: Cara Kerja SEO On Page dan Off Page

Cara Kerja dan Contoh SEM, Lengkap Dengan Strategi SEM Dalam Bisnis Online

Cara kerja search engine marketing dalam bisnis online menggunakan sistem lelang atau disebut juga bid, anda bisa menargetkan kata kunci yang efektif sebagai strategi pencarian pengunjung pada bisnis online anda. Misalnya, anda memiliki bisnis batik tradisional dengan menargetkan kata kunci pada website anda yaitu beli batik tradisional. Namun, ingatlah bahwa kau memiliki kompetitor yang menginginkan kata kunci yang sama.

Sehingga mesin pencari akan menawarkan sistem lelang yang disesuaikan dengan beberapa kriteria, nantinya kata kunci tersebut akan disesuaikan dengan website calon pengiklan. Adapun beberapa kriteria yang perlu diperhatikan terkait pemilihan kata kunci berdasarkan website sebagai berikut:

  • Max CPC Bid, biaya yang bisa anda keluarkan dalam iklan berbayar setiap kali iklan atau website anda diklik oleh pengunjung
  • Quality score, kriteria ini biasanya terkait dengan kualitas iklan yang diukur dari potensi klik iklan dan seberapa relevan sebuah website dengan keywordnya
  • Ad rank, berkaitan dengan rangking atau peringkat yang ada pada platform SEM misalnya Google ads. anda bisa meraih ranking tertinggi dengan memaksimalkan quality skor dan max CPC

Contoh SEM dalam bisnis online bisa anda temukan saat anda melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu maka anda akan melihat beberapa saran website iklan berbayar yang terkait dengan kata kunci yang anda cari. Misalnya anda sedang mencari jasa hosting terbaik maka akan muncul berbagai website iklan misalnya jagoweb. Selanjutnya, berikut kami rangkum tentang strategi SEM yang tepat agar mendapatkan hasil terbaik:

  • Belajar SEM atau search engine marketing sangat dibutuhkan sebagai langkah awal untuk memulai iklan berbayar dengan strategi yang tepat untuk bisnis online yaitu menentukan tujuan pemasaran yang ingin anda lakukan. Maksudnya di sini adalah tentukanlah kebutuhan bisnis online anda apakah untuk mendongkrak penjualan atau traffic web, dan sebagainya
  • Setelah anda menentukan tujuan pemasaran atau digital marketing yang ingin anda lakukan maka selanjutnya anda harus menargetkan kata kunci atau keyword yang sesuai dengan kebutuhan website sehingga dapat menjangkau pengunjung yang anda inginkan
  • Untuk menentukan keyword yang relevan dengan website maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu pilihlah variasi kata kunci yang paling dekat dan relevan dengan website, carilah sinonim dari kata kunci yang anda inginkan, tentukan target keyword dengan kata-kata tambahan yang sesuai, terakhir yaitu hindari negatif keyword yang tidak sesuai dengan kebutuhan website
  • Menyusun tampilan iklan secara menarik dengan membuat headline serta lampirkan manfaat pada deskripsi konten, kemudian anda juga bisa menggunakan link alternatif untuk menarik minat pengunjung. Pastikan iklan tersebut bersifat persuasif dan sesuai dengan tujuan pemasaran bisnis online anda
  • Selanjutnya yaitu melakukan testing iklan, artinya ada beberapa langkah yang harus anda lewati untuk benar-benar mendapatkan hasil terbaik dalam belajar SEM. anda bisa mempelajari apa saja yang dibutuhkan selama melakukan trial dan error iklan berbayar
  • Terakhir, jangan lupa evaluasi performa iklan secara berkala apakah sudah memenuhi pencapaian target yang diharapkan dalam bisnis online anda. Jangan ragu untuk melakukan regulasi maupun perbaikan karena meskipun sem dapat memberikan hasil yang lebih optimal namun anda juga harus perlu menganalisa secara tepat apa yang paling penting bagi bisnis online yang sedang anda jalankan

Baca Juga : Website, Landing Page, dan Toko Online Dalam Digital Marketing

Penutup

Akhir kata, itulah informasi yang bisa kami bagikan tentang belajar SEM atau search engine optimization lengkap dengan manfaat serta contoh SEM. Kami juga memberikan strategi atau tips untuk menggunakan SEM secara tepat dan optimal sehingga memberikan hasil terbaik bagi bisnis online anda kedepannya.

Bagikan:

Wahib Rohman

Wahib Rohman

Sebagaimana banyak orang, saya juga berkeinginan dalam hidup ini yaitu mempunyai cita-cita menjadi pribadi yang menebar manfaat bagi banyak orang, khusus nya di dunia digital marketing.

Tags

Baca Juga

1 thought on “Belajar SEM Dalam Bisnis Online: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya”

Leave a Comment