June 23, 2022

Belajar SEO Dalam Digital Marketing: Cara Kerja SEO On Page dan Off Page

AdPublish.id - Pejuang adsense yang ingin mendapatkan penghasilan lebih dalam website maupun blog tentu sudah tidak asing dengan yang namanya SEO, bahkan SEO sudah dikenal sejak awal sebelum seseorang mendaftarkan artikel ke adsense. Bisa dibilang, hal ini merupakan strategi dalam dunia digital marketing yang harus dipelajari setiap orang yang sudah terjun ke copywriting, content writer, content creator, dan sebagainya. Setiap orang berlomba untuk membuat konten mereka menjadi page one, memiliki traffic tinggi, di indeks google, memiliki adsense yang tinggi, organik, dan lain-lain. Hal yang kami sebutkan bisa dibilang cakupan pembahasan yang sangat penting dari belajar SEO dalam digital marketing. Sehingga, belajar SEO tidak akan pernah ada habisnya dan wajib dikembangkan setiap waktunya untuk mencapai target yang diharapkan.

Konten yang SEO friendly memiliki berbagai komponen yang sangat kompleks sehingga banyak hal yang harus dipelajari sebagai upaya meningkatkan kualitas konten. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan secara lengkap untuk belajar SEO serta memahami cara kerja dari SEO on page dan off page. Artikel ini akan kami sajikan secara ringan agar anda bisa memahami informasi dengan mudah sebagai berikut.

 

Cara Kerja SEO On Page dan Off Page

 

Belajar SEO Dalam Digital Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Untuk menjalankan strategi digital marketing yang optimal, anda harus belajar SEO dari nol karena SEO tidak hanya sekedar mencapai pendapatan pada AdSense namun banyak sekali aspek yang akan dibahas. Pertama kita akan memahami terlebih dahulu apa itu SEO atau search engine optimization yaitu sebuah strategi praktek untuk meningkatkan posisi serta visibilitas dari sebuah website pada search engine. Singkatnya, SEO menjadi poin penting dalam konten agar mudah ditemukan pada mesin pencari sehingga dapat meningkatkan peluang hingga prospek aksesibilitas serta kepopuleran website berdasarkan algoritma. Fokus pada SEO yaitu peningkatan ranking traffic serta hasil pencarian yang organik sebagai upaya digital marketing untuk memberikan dampak pertumbuhan pada awareness dan engagement sesuai dengan tujuan dan misi sebuah konten.

Indikator utama yang ada pada strategi SEO dalam digital marketing antara lain yaitu struktur URL, penggunaan SSL atau TLS, menentukan niche, penyebaran keyword atau kata kunci, penggunaan LSI yang relevan, menentukan search intent, membuat konten terstruktur, meta tag, penggunaan backlink, penggunaan template untuk kecepatan website, dan masih banyak lagi.

Adapun manfaat jika anda mengoptimalkan SEO pada konten antara lain yaitu dapat meningkatkan traffic pengunjung, menjangkau pengguna secara luas, meningkatkan konversi bisnis, memiliki peluang keuntungan bisnis jangka panjang, menguasai pasar digital marketing, membangun brand awareness, dan lain-lain. Untuk mencapai manfaat SEO, maka perlu adanya strategi yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

  • Fokus pada konten yang memiliki quality traffic quantity traffic, dan organik traffic
  • Memahami cara kerja dan teknik SEO yang mencakup crawling, indexing, rangking, processing, calculating relevant, dan retrieving result
  • Pelajari tentang riset keyword organik dan golden keyword untuk memahami apa saja pembahasan atau kata kunci trending
  • Memahami tentang kata kunci pilar yang memiliki peluang lebih tinggi untuk berkompetisi dengan website atau blog lain
  • Buatlah struktur konten sesuai dengan yang efektif dengan keyword yang menyebar pada setiap bagian heading sub heading, mayor dan minor
  • Gunakan backlink yang sesuai dan konsisten untuk publish artikel secara rutin
  • Perhatikan berbagai indikator sebelum publish seperti judul, deskripsi, meta tag, label, gambar, link artikel, dan sebagainya
  • Usahakan untuk membuat konten secara alami dan organik, hindari untuk menggunakan bot spin serta pastikan konten tidak plagiat
  • Fokus dengan satu niche dan terapkan strategi share ke berbagai platform dan media sosial (Facebook ads, tiktok ads, google ads, dan sebagainya)

 

Cara Kerja SEO On Page dan Off Page

 

Baca juga : Website, Landing Page, dan Toko Online Dalam Digital Marketing

Cara Kerja SEO On Page dan Off Page Dalam Digital Marketing

Setelah anda belajar SEO pada aspek pengertian, manfaat, dan strateginya maka selanjutnya kita akan membahas tentang cara kerja SEO on page dan off page. Kedua hal ini sangatlah penting dan termasuk dalam jenis SEO yang perlu diterapkan pada konten, singkatnya adalah cara kerja seo on page dan off page saling memiliki keterkaitan satu sama lain untuk meningkatkan visibilitas website atau blog dalam digital marketing.
Tentu saja keduanya memiliki perbedaan, SEO on page berfokus pada konten yang berkualitas sehingga nyaman untuk dibaca oleh pengunjung serta bagaimana mengoptimalkan agar konten di index oleh search engine. Sedangkan SEO off page berfokus pada kredibilitas website untuk mendapatkan kepercayaan search engine pada halaman penelusuran agar mendapatkan peringkat terbaik.

Cara kerja SEO on page mencakup optimalisasi di dalam website itu sendiri, menganalisa keseluruhan website, memaksimalkan meta description, url, internal link, meta tag, speed page, serta memperhatikan elemen optimalisasi seperti konten, CSS, html, keyword, dan sebagainya. Sedangkan cara kerja SEO off page mencakup optimalisasi di luar website, promosi website, memaksimalkan backlink, link building, domain authority, dan media sosial, serta memperhatikan elemen kualitas link, domain, media sosial, dan share likes.

Pentingnya SEO on page dan off page dapat memberikan manfaat dan pengaruh sangat besar tentang bagaimana konten memiliki berbagai komponen serta unsur untuk memenuhi konsep digital marketing. Berikut kami akan memberikan rangkuman dari masing-masing cara kerja SEO on page dan off page yang menjadi bagian penting dalam belajar SEO secara garis besar:

1. Memahami Strategi Cara Kerja SEO On Page

Untuk mengawali membuat konten yang memiliki kualitas dan kuantitas terbaik maka setiap orang biasanya berfokus pada seo on page yang sangat berguna untuk mengoptimalkan konten untuk masuk peringkat teratas Google serta dapat dicari dengan mudah oleh pengunjung. Cara kerja SEO on page cenderung menghasilkan konten yang seo friendly dan dapat bersaing dengan kompetitor website lain. Unsur yang ada pada seo on page antara lain:
Memaksimalkan meta description sesuai dengan kaidah SEO yaitu dengan memuat kata kunci utama, padat (tidak bertele-tele) serta struktur meta deskripsi nyaman untuk dibaca
URL titel serta tag title juga harus dioptimalisasi secara maksimal dan sesuai, biasanya anda juga perlu memasukkan kata kunci utama serta menautkan link artikel milikmu pada artikel yang ada
Usahakan gambar memiliki ukuran yang tepat dengan memasukkan all teks kata kunci yang relevan
Usahakan juga untuk menyebar keyword utama sesuai dengan algoritma yang valid (anda bisa update berkala algoritmanya) lalu lengkapi juga dengan LSI atau long tail keyword untuk menambah engagement dan awareness konten
Dan masih banyak lagi
Manfaat SEO on page fokus untuk meningkatkan brand awareness, mempermudah proses marketing, meningkatkan kecepatan website serta fokus pada tampilan website serta konten. Untuk mencapai strategi dan manfaat SEO on page maka anda harus memperhatikan berbagai elemen yang sudah kami sebutkan sebelumnya dan kuncinya adalah konsisten.

2. Memahami Strategi Cara Kerja SEO Off Page

Jika cara kerja SEO on page lebih fokus pada internal website maka cara kerja SEO off page cenderung memperhatikan pada eksternal website di mana memfokuskan untuk aktivitas backlink sebagai cara untuk mempromosikan link website milik anda dari website orang lain. Jadi bagaimana anda memaksimalkan untuk menyisipkan link halaman website atau konten pada website milik orang lain yang memiliki kualitas bagus, berikut komponennya:

  • anda perlu memperhatikan inbound Links
  • Perhatikan strategi sosial media marketing
  • Meningkatkan guess blogging dan guest posting
  • Memperhatikan unling brand mention
  • Memanfaatkan influencer marketing
  • Membuat konten yang ingin ditautkan pada website orang lain
  • Menjangkau email ke influencer industri
  • Membagikan konten ke media sosial
  • Guest blocking di situs terkait dan gue posting yang memiliki tautan yang mengarahkan ke situs anda

Manfaat SEO off page pada konten tentu saja akan meningkatkan search engine result pages atau halaman hasil mesin pencari yang akan mengetahui seberapa jauh peringkat konten anda. Kemudian meningkatkan popularitas website serta page rank melalui backlink. Sehingga konten anda akan memiliki kualitas, engagement, kepopuleran, kuantitas, dan hasil pencarian yang tinggi.

Baca Juga : Pengertian Lengkap Apa Itu Digital Marketing

Penutup

Akhir kata, terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai tentang belajar SEO dalam digital marketing lengkap dengan cara kerja SEO on page dan off page yang sangat penting bagi sebuah website atau konten. Artikel ini adalah tulisan secara garis besar tentang search engine optimization dan anda perlu menggali lebih dalam lagi melalui berbagai pembelajaran yang tersedia di artikel Internet maupun YouTube.

Article written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Butuh Bantuan ?