Juli 15, 2022

Cara Berjualan di Media Sosial dan Media Sosial yang Cocok Untuk Bisnis Online

Media sosial kini tidak hanya digunakan untuk hiburan saja namun banyak peran atau merek menjadikan media sosial sebagai alternatif untuk promosi bisnis online yang lebih terjangkamu dan menguntungkan. Upaya membangun present yang kuat di mata konsumen membuat setiap perusahaan memandang media sosial sebagai lahan bisnis online yang cukup menjanjikan, bahkan kamu bisa melihat ada beberapa profesi baru terkait hal ini.

Sebelum penggunaan media sosial menjadi booming, perusahaan atau brand mempromosikan produk atau jasa mereka melalui mitra iklan di televisi yang cukup menghabiskan anggaran. Kemajuan teknologi tentu saja semakin memudarkan keinginan masyarakat untuk menonton televisi sehingga iklan melalui media ini kurang efektif. Kemudian muncullah social selling yang memanfaatkan media sosial sebagai metode pemasaran bisnis online.

Penggunaan media sosial tidak hanya dimanfaatkan oleh perusahaan atau brand skala besar namun juga banyak sekali pengusaha skala kecil atau UMKM yang menggunakan media sosial sebagai media promosinya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rangkuman informasi tentang cara berjualan di media sosial dan media sosial yang cocok untuk bisnis online anda sebagai berikut!

Cara Berjualan di Media Sosial dan Media Sosial yang Cocok Untuk Bisnis Online

Cara Berjualan di Media Sosial dan Media Sosial yang Cocok Untuk Bisnis Online

Mempromosikan produk atau jasa melalui media sosial saat ini menjadi pilihan yang tepat bagi brand atau merek yang menginginkan pengaruh yang besar terkait produktivitas penjualan. Ada berbagai media sosial yang bisa digunakan untuk sarana berjualan antara lain yaitu Facebook ads, Tiktok ads, Instagram ads, Youtube ads, dan sebagainya. Tentunya setiap media sosial memiliki kelebihannya masing-masing.

Tarif beriklan atau mempromosikan produk di media sosial pun berbeda-beda tergantung kebutuhan dan keinginan anda. Secara garis besar ada kelebihan yang akan dinikmati oleh seseorang ketika menjalankan cara berjualan di media sosial. Kelebihan bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar tergantung bagaimana anda memanfaatkan media sosial untuk untuk jualan, berikut penjelasannya:

  • Menciptakan ketertarikan orang-orang dengan produk atau jasa yang ditawarkan (lead berkualitas)
  • Mengembangkan brand awareness di mana media sosial akan meningkatkan present dari brand atau merk sehingga bisa lebih dikenal oleh target konsumen
  • Meningkatkan produktivitas penjualan karena target konsumen bisa langsung diarahkan ke landing tips untuk melakukan pemesanan atau pembelian produk atau jasa
  • Menjual atau beriklan produk atau jasa di media sosial akan mengurangi pengeluaran atau anggaran untuk promosi dan marketing sehingga bisa lebih berhemat
  • Media sosial sangat efektif untuk menjual produk jangka pendek maupun jangka panjang
  • Media sosial juga bisa membantu penjual untuk menargetkan konsumen yang diinginkan berdasarkan kategori umur, jenis kelamin, lokasi, dan sebagainy
  • Aksesibilitas masyarakat terhadap minat media sosial sangat tinggi sehingga produk atau jasa yang dijual di media sosial lebih mudah ditemukan dan dilihat oleh target konsumen

Meskipun kelebihan cara berjualan di media sosial lebih menunjukkan nilai yang positif dan menguntungkan namun strategi media sosial untuk jualan bisa dibilang harus dipelajari dan dipahami terlebih dahulu. Ada pendekatannya yang harus dilakukan serta ada beberapa hal yang harus dihindari agar target pencapaian penjualan produk atau jasa dapat tercapai melalui penjualan di media sosial berikut penjelasan cara berjualan di media sosial:

1. Melakukan Target Pasar dan Menentukan Konten Relevan

Cara berjualan di media sosial yang harus anda lakukan terlebih dahulu yaitu melakukan target pasar dan menganalisa produk yang anda tawarkan terkait dengan dengan kriteria target konsumen. Misalnya anda menjual tas jinjing maka target pasar yang harus anda tuju adalah perempuan berusia antara 20 hingga 40 tahun atau lebih.

Ketika anda sudah menentukan produk apa yang ingin dijual tentu anda juga harus memahami target pasar yang sesuai dengan sasaran dengan mulai membangun customer base dan membuat user persona. Tujuannya tentu saja untuk mencari tahu bagaimana strategi pemasaran ideal produk anda di media sosial. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan bagaimana membuat konten yang relevan dan sesuai dengan produk atau jasa.

Dapatkan target konsumen potensial dengan cara mengidentifikasi masalah yang sedang dihadapi oleh konsumen serta kebutuhan yang bisa membantu konsumen menyelesaikan masalah tersebut. Agar konten kamu dapat diterima dan engaging maka buatlah konten yang membahas tentang fakta dan realita yang dialami oleh target konsumen kemudian berikan solusi serta keunggulan dari produk atau jasa yang kamu tawarkan.

2. Tentukan Media Sosial yang Cocok Untuk Bisnis Online

Cara selanjutnya yang mungkin sedang kamu cari untuk memulai berjualan di media sosial yaitu sebenarnya media sosial apa yang cocok untuk bisnis online. Jawabannya adalah semua media sosial sebenarnya sangat cocok untuk bisnis online namun hal itu kembali kepada seller atau penjual. Biasanya, seller atau penjual kurang bisa menghandle semua media sosial untuk berjualan sehingga memilih salah satu yang lebih berpotensi.

Namun, kamu bisa memberikan gambaran secara garis besar sebagai pertimbangan kamu memilih media sosial yang mungkin liberaritaskan untuk cara berjualan di media sosial. Jika kamu memiliki brand atau produk yang tentunya membutuhkan tutorial secara lengkap dan jelas maka media sosial yang cocok untuk kamu yaitu Instagram dan YouTube. Jika kamu membutuhkan katalog untuk berjualan maka yang lebih cocok adalah Facebook dan Tiktok.

Setiap media sosial sudah kami singgung sebelumnya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sehingga kamu bisa merasakannya ketika langsung terjun untuk mencoba media sosial untuk jualan. Kamu bisa memilih untuk mendaftarkan brand dengan iklan yang ada pada media sosial seperti Facebook ads, Tiktok ads, dan sebagaimana. Namun, kamu juga bisa memilih metode berjualan dengan gratis dengan membuat konten dan postingan kreatif.

Baca Juga : Cara Riset Konten Viral dan Pentingnya Dalam Digital Marketing

3. Menampilkan Foto dan Video Terbaik Serta Memaksimalkan Fitur Media Sosial

Cara berjualan di media sosial tentunya harus dibarengi niat dan tekad sehingga kita ketika kamu memposting foto atau video produk atau jasa usahakan untuk menampilkan dengan kualitas terbaik. Selain itu kamu bisa memanfaatkan fitur dari media sosial tersebut sebagai sarana editing dan mempercantik tampilan dari foto atau video sebelum dibagikan. Kamu juga bisa sembari melakukan interaksi dengan target konsumen serta followers.

Strategi ini cukup efektif jika kamu ingin menyapa para pelanggan dan calon konsumen untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan secara emosional dengan berbagai fitur di media sosial seperti story, stiker pertanyaan, komentar, dan sebagainya. Jangan ragu untuk memberikan kesempatan kepada calon konsumen untuk bertanya dan memberikan pendapatnya tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan.

4. Tetaplah Konsisten dan Pantau Terus Statistik Media Sosial

Selanjutnya, jika kamu ingin memanfaatkan media sosial untuk jualan secara maksimal dan optimal maka tetaplah menjaga konsistensi. Kamu harus sudah memiliki jadwal kapan harus upload produk, kapan harus membuat instastory, kapan harus membalas komentar target atau calon konsumen, dan masih banyak lagi. Jangan kendor dan tetap berusaha memberikan yang terbaik dan sesekali berikanlah penawaran berupa giveaway untuk menarik konsumen.

Selain itu, kamu harus memantau bagaimana statistik media sosial secara detail seperti jumlah klik, jumlah pengunjung, profil, dan konten. Berdasarkan data-data ini nantinya kamu bisa melakukan evaluasi terkait permasalahan dan kebutuhan dari target konsumen. Hal ini sangat penting untuk pertumbuhan bisnis online kamu sehingga dapat menentukan segmen pasar sesuai target dan memanfaatkan ini untuk mengoptimalkan media sosial untuk jualan.

Baca Juga : Tips Berjualan di Marketplace: Shopee, Tokopedia, dan Lazada

Penutup

Akhir kata, sekian informasi yang bisa kami sajikan untuk kamu tentang cara berjualan di media sosial dan media sosial apa yang cocok untuk bisnis online. Semoga informasi ini dapat memberikan kamu inspirasi agar bisa mengoptimalkan strategi digital marketing bisnis online pada media sosial dengan lebih efektif dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Article written by Adhitya Tri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Be The Best Version Of You
© 2022 Adpublish.id. Powered by AdPublish Team
layers
1
Support WhatsApp
Hai admin Adpublish. Saya butuh bantuan kak, Mohon untuk dibantu dong kak, terimakasih ^_^