Cara Riset Konten Viral dan Pentingnya Dalam Digital Marketing

Wahib Rohman

Adpublish – Dalam digital marketing anda harus memahami bagaimana setiap konten memiliki minat dan dapat memancing pengunjung atau viewers. Salah satu hal yang selalu diincar oleh para author atau blogger yaitu dengan cara riset konten viral atau trending agar mendapatkan traffic secara lebih singkat dan cepat. Namun, untuk melakukan riset konten yang sedang viral demi strategi digital marketing tentu tidaklah mudah dan ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Belum lagi resiko kompetitor website atau blog monster yang telah merajai ranking di search engine, namun anda tidak perlu berkecil hati dulu karena ada beberapa tips dan cara riset konten trending dan viral yang efektif. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rangkuman serta ulasan lengkap tentang riset konten viral dan penting adalah dunia digital marketing yang mungkin bisa kamu pertimbangkan sebagai niche konten website atau blog.

Pentingnya Riset Konten Viral Dalam Dunia Digital

Riset konten viral merupakan sebuah strategi untuk mencari kata kunci atau keyword yang trending atau sedang viral di berbagai media sosial dan internet sehingga banyak pengunjung yang sedang mencari pembahasan tersebut. Peluang konten viral sangat besar untuk mendapatkan traffic maupun keuntungan AdSense sehingga orang yang kejar target untuk berlomba-lomba mendapatkan pengunjung.

Riset konten viral menggunakan psikologi pengunjung atau pengguna internet yang penasaran dengan konten-konten yang sedang ramai dibicarakan. Oleh karena itu, kesempatan ini tentunya tidak akan dilewatkan oleh berbagai konten kreator, blogger, author. Meskipun sebuah website atau blogger jarang memiliki minat untuk membuat atau mereset konten viral namun ada beberapa manfaat yang bisa dipertimbangkan sebagai berikut:

  • Menjadi salah satu strategi untuk membuat website atau blog menjadi lebih dikenal dan mudah ditemukan oleh pengunjung
  • Memberikan keuntungan untuk mendapatkan klik atau views ketika menulis konten viral
  • Meningkatkan traffic pengunjung dengan cepat dan mudah diindeks oleh Google jika SEO nya tepat sasaran
  • Menambah peringkat atau posisi website pada search engine karena semakin banyak orang yang penasaran maka semakin berpeluang konten anda muncul dan dilihat
  • Meningkatkan eksposur di media sosial dengan sangat tinggi karena konten viral biasanya menarik perhatian dan minat pengunjung
  • Dengan riset konten yang viral maka anda akan dapat menentukan strategi pemasaran serta menentukan pengunjung

Informasi di atas merupakan gambaran secara garis besar tentang pentingnya riset konten yang sedang viral. Meskipun niche konten anda tidak sesuai dengan kata kunci atau keyword yang sedang viral maka strategi yang bisa anda gunakan yaitu dengan menggunakan sudut pandang lain. Misalnya, yang sedang trending adalah video viral artis A sedangkan niche anda tentang kepribadian maka anda bisa menggunakan sudut pandang profil atau biodata artis A.

Baca Juga : Pengertian Lengkap Apa Itu Digital Marketing

Cara Riset Konten Viral Dalam Dunia Digital Marketing

Pentingnya riset konten viral dalam dunia digital dapat menambah engagement website atau blog kepada pengunjung internet sehingga memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan tempat dan posisi di mesin pencari Google. Meskipun banyak yang mengeluhkan bahwa cara riset konten yang viral tidak semudah itu dan banyak website atau blog mengurungkan niatnya untuk membuat konten viral namun ada strategi yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

1. Melakukan Riset Keyword dan Memanfaatkan Google Trend

Ketika anda sudah menentukan untuk membuat konten viral maka hal yang harus dilakukan pertama kali yaitu melakukan riset keyword dan memanfaatkan Google trend. Menemukan keyword atau kata kunci viral tidak semudah yang dibayangkan karena anda harus mereset melalui media sosial atau tool tertentu kemudian melihat kembali apakah keyword tersebut benar-benar memiliki produktivitas yang berpotensi untuk dilihat oleh pengunjung.

anda bisa melihat Instagram, Facebook, Twitter, dan Google trend untuk memastikan isu dan topik apa yang sedang viral kemudian mencari kata kuncinya melalui tool yang terpercaya. Jangan memaksakan website atau blog agar menampilkan konten viral karena anda juga harus mempertimbangkan strategi digital marketing yang optimal agar tetap bersaing dan memiliki kesempatan untuk menempati posisi ranking terbaik.

Gunakan strategi teknik SEO on page maupun off page pada konten yang anda buat, kemudian jangan ragu untuk melakukan riset konten yang viral secara teliti. Hal tersebut dilakukan karena tidak semua konten viral benar-benar bisa untuk digunakan dan dibuat konten. Seringkali konten viral saat ini memberikan informasi yang tidak jelas sehingga anda perlu melakukan riset terlebih dahulu apakah kata kunci tersebut layak untuk dijadikan konten.

2. Menggunakan Media Sosial dan Strategi Tagar atau Hashtag

Cara reset konten viral juga bisa anda lakukan melalui berbagai media sosial dengan melihat hastag maupun pencarian populer. Media sosial juga sangat bermanfaat untuk menganalisa sepopuler apa konten viral tersebut, hashtag atau tagar akan menunjukkan bagaimana pengunjung atau pengguna internet membicarakan sebuah isu atau topik yang sedang ramai sehingga kamu bisa menggunakan peluang ini untuk membuat konten di website atau blog.

Selain itu, gunakan juga pencarian populer pada Instagram atau Twitter sehingga anda mendapatkan berbagai topik menarik. Untuk membantu anda menentukan topik apa yang harus dibuat konten mungkin anda bisa menggunakan fitur-fitur media sosial seperti berinteraksi dengan para pengguna Instagram dengan menanyakan konten apa yang sebaiknya anda buat dan sedang happening belakangan ini.

3. Membuat Strategi Konten Viral yang Memiliki Keunggulan

Meskipun membuat konten viral dan riset konten viral di internet tidak semudah itu namun anda bisa menggunakan strategi dengan membaca kelemahan dari website atau blog kompetitor. Ketika anda menentukan sebuah kata kunci viral atau trending maka yang harus anda lakukan adalah riset kompetitor terlebih dahulu dan melihat apa kekurangan konten yang dimiliki oleh website atau blog tersebut.

Kemudian, anda bisa mengisi kekurangan tersebut pada konten yang anda buat sehingga anda memiliki keunggulan dari kompetitor lainnya. Membuat konten memang butuh kreativitas serta inovasi sehingga jangan ragu untuk mengumpulkan berbagai data dan fakta dari berbagai sumber kemudian merangkumnya menjadi sebuah konten yang bermanfaat dan bisa dibaca oleh pengunjung dan pengguna internet.

Hal tersebut dikarenakan banyak sekali website atau blog monster yang hanya memanfaatkan nama serta branding namun konten yang disajikan benar-benar tidak berkualitas dan tidak user friendly. Sehingga sebagai website atau blog yang mungkin lebih kecil, anda bisa menunjukkan taring dengan memberikan konten viral bermanfaat dan lengkap sehingga pembaca merasa puas dan jelas serta akan mengunjungi website atau blog anda selanjutnya.

Baca Juga : Jenis Digital Advertising: Penjelasan dan Perbedaan Apa Itu FB Ads, Google Ads, dan Tiktok Ads

Penutup

Akhir kata, terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai tentang cara riset konten viral dan pentingnya riset konten trending dan viral dalam dunia digital. Tadi anda yang tertarik untuk mulai membuat konten dengan niche viral atau trending maka tidak ada salahnya untuk mencari informasi lebih dalam lagi tentang bagaimana strategi untuk membuat konten yang viral dan bermanfaat bagi pengunjung.

Bagikan:

Wahib Rohman

Wahib Rohman

Sebagaimana banyak orang, saya juga berkeinginan dalam hidup ini yaitu mempunyai cita-cita menjadi pribadi yang menebar manfaat bagi banyak orang, khusus nya di dunia digital marketing.

Tags

Baca Juga

Leave a Comment