Juni 23, 2022

Jenis Digital Advertising: Penjelasan dan Perbedaan Apa Itu FB Ads, Google Ads, dan Tiktok Ads

Adpublish.id - Saat ini, Digital marketing semakin banyak diminati oleh banyak perusahaan sebagai salah satu teknik pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital. Digital marketing sendiri memiliki berbagai jenis yang berbeda sesuai dengan media yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau brand. Iklan digital atau disebut digital advertising merupakan salah satu jenis digital marketing yang semakin banyak digunakan saat ini. Perlu anda tahu, digital advertising kini sudah berevolusi menjadi semakin maju dan berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

Bagi anda para pengguna smartphone, tentukan anda sudah sering menjumpai banyak iklan digital yang tampil dan saat ini menjadi bagian dari kehidupan internet sehari-hari. Sama halnya dengan Digital marketing, digital advertising kemudian dibagi lagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan media yang digunakan.

Jenis Digital Advertising: Penjelasan dan Perbedaan Apa Itu FB Ads, Google Ads, dan Tiktok Ads

FB ads, Google Ads, dan juga Tiktok ads merupakan contoh dari jenis-jenis digital advertising yang sudah sering anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang kita tahu, trend media sosial dan internet kini semakin berkembang dan banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Ada banyak orang yang mencari penjelasan dan perbedaan Apa itu FB Ads, Google Ads, dan Tiktok Ads. Adapun perbedaan yang mendasar dari ketiga jenis digital advertising ini yaitu media yang digunakan dalam mempromosikan produk atau suatu brand. Dari n

amanya saja sudah jelas kalau ketiga jenis iklan digital tersebut menggunakan Facebook, Google, dan juga Tiktok sebagai medianya. Selain berbeda dalam segi media yang digunakan, tentunya ketiga jenis iklan digital tersebut memiliki perbedaan dalam cara kerjanya.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jenis digital advertising yang meliputi penjelasan dan perbedaan Apa itu FB ads, Google Ads, dan Tiktok Ads, berikut adalah penjelasan lengkap yang bisa anda simak di bawah ini.

Jenis Digital Advertising: Penjelasan dan Perbedaan Apa Itu FB Ads, Google Ads, dan Tiktok Ads

Penjelasan Lengkap Tentang FB Ads yang Wajib anda Tahu

Facebook ads atau Facebook advertising adalah salah satu jenis digital advertising atau iklan digital dan merupakan sebuah fitur berbayar yang dirancang secara khusus oleh Facebook yang bisa membuat iklan anda lebih tersebar kepada para pengguna melalui postingan sebuah akun atau fanpage yang sudah anda buat.

FB ads menjadi jenis digital advertising yang banyak digemari oleh para penggunanya karena menyediakan tarif yang relatif beragam yang dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Facebook ads ini memberikan kemudahan bagi para pengiklan untuk bisa merancang iklannya sendiri agar sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya saja para pengiklan bisa mengatur target pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, status pernikahan, wilayah, pendidikan, hobi, dan masih banyak lagi.

Keuntungan yang akan anda dapatkan saat menggunakan FB Ads ini antara lain meningkatkan brand awareness, dapat membentuk target yang efektif, dan anda juga dapat mengatur budget sesuai dengan kebutuhan anda. Ada berbagai bentuk iklan yang bisa dipilih oleh anda yang ingin menggunakan Facebook ads sebagai media untuk mempromosikan brand atau produk. Berikut adalah beberapa bentuk iklan yang bisa anda pilih dalam menggunakan Facebook ads :

  • Facebook photo ad
  • Facebook video ad
  • Slideshow
  • Carousel
  • Instant experience
  • Koleksi

Adapun jenis iklan Facebook ads yang bisa anda gunakan sebagai media promosi seperti page likes, page post engagement, klik to website, event response, website conversion, dan juga add install/engagement.

Perhitungan biaya iklan di Facebook ads tersedia dalam dua model yaitu cost per click (CPC) dan Cost per mile (CPM). Adapun CPC merupakan model iklan dimana anda akan dikenakan biaya tiap kali iklan diklik oleh para pengguna Facebook dengan perkiraan biaya antara Rp.650 hingga Rp.1.550 perklik.

Sementara itu, untuk model iklan model CPM anda akan dikenakan biaya iklan setiap 1000 kali penayangan dengan biaya yang dikenakan antara Rp.650 sampai dengan Rp.1.550 per 1000 tayangan iklan.

Jenis Digital Advertising: Penjelasan dan Perbedaan Apa Itu FB Ads, Google Ads, dan Tiktok Ads

Baca Juga : Belajar SEO Dalam Digital Marketing: Cara Kerja SEO On Page dan Off Page

Penjelasan Lengkap Tentang Apa Itu Google Ads yang Wajib anda Tahu

Google Ads merupakan salah satu jenis digital advertising berbentuk sebuah platform periklanan online yang berbayar dari Google, di mana Pada awalnya platform ini bernama Google AdWords sebelum akhirnya berganti pada tahun 2018.

Walaupun berganti nama, layanan yang ditawarkan oleh platform ini tetap sama yaitu pengiklan yang membayar dengan sistem CPC atau cost per click, dan juga sistem pembayaran iklan per tayangan/impresi atau bisa juga disebut CPM.

Iklan yang anda pasang tidak hanya ditayangkan di mesin pencarian Google, tetapi juga akan ditayangkan di halaman hasil pencarian (SERP), baik di YouTube, blog, hingga Google display network. Google Ads akan membantu anda dalam mendapatkan pelanggan yang sesuai karena Google Ads memiliki fitur yang bisa menargetkan iklan ke audience yang tepat sesuai dengan budget yang anda miliki. Jenis jenis iklan yang ada di Google Ads diantaranya yaitu:

  • Search network campaign
  • Shopping campaign
  • Display network campaign
  • Video campaign
  • Apps campaign

Cara kerja Google Ads diawali dengan pengiklan menentukan tujuan atau hasil yang diinginkan dari penayangan iklan, kemudian pengiklan diminta untuk menentukan opsi pembayaran menggunakan 3 metode yaitu cost per click (CPC), cost per mile (CPM), dan juga cost per engagement (CPE).

Selanjutnya, pengiklan melakukan bid atau penawaran pada keyword, lalu harga akan ditentukan oleh quality score, dan setelah itu quality score akan dikombinasikan dengan jumlah bid pada keyboard dan akhirnya menciptakan Ad Rank atau peringkat iklan. Ad rank ini berguna untuk menentukan posisi iklan anda yang akan muncul di halaman hasil pencarian.

Ketika pengguna melihat iklan dan mengkliknya, maka pengiklan membayar sedikit biaya untuk klik itu (apabila pengiklan memilih opsi bid CPC). Posisi iklan akan berpengaruh pada hasil yang akan dicapai, di mana semakin banyak pengguna melihat iklan dan mengkliknya, maka akan semakin besar pula kemungkinan mereka mencapai tujuan iklan.

Jenis Digital Advertising: Penjelasan dan Perbedaan Apa Itu FB Ads, Google Ads, dan Tiktok Ads

Penjelasan Lengkap Tentang Apa Itu Tiktok Ads yang Wajib anda Tahu

Jenis digital advertising yang mulai banyak digemari saat ini yaitu Tiktok Ads yang merupakan sebuah perangkat yang menyediakan fitur targeting, ad creation, insight report, dan juga ad management yang dikhususkan untuk para kreator di aplikasi Tiktok.

Tool yang satu ini menawarkan platform yang bisa membantu sebuah brand untuk bisa mendapatkan perhatian dari jutaan pengguna Tiktok dari seluruh dunia. Tiktok ads saat ini mempunyai dua opsi budgeting, yaitu pembayaran harian (daily), atau pembayaran seumur hidup (lifetime). Dengan adanya kedua opsi pembayaran tersebut, membuat anggaran menjadi lebih fleksibel, dikarenakan anda dapat menyesuaikan anggaran sesuai dengan kebutuhan badan usaha selama kampanye berlangsung.

Selain itu, tools ini juga mampu menargetkan audience perusahaan berdasarkan kategori seperti jenis kelamin, usia, lokasi, minat, dan juga variabel unik lainnya. anda juga bisa memanfaatkan fitur custom audience dan lookalike audience yang bertujuan untuk menjangkau audiens baru dengan kebutuhan serupa yang sudah ada. Tiktok Ads memiliki beberapa jenis iklan yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan, diantaranya :

  • pre roll serta in feeds ads
  • promoted hashtag challenge
  • brand take over
  • branded AR content.

Cara beriklan melalui Tiktok ads yaitu membuat akun iklan Tiktok, kemudian anda bisa membuat kampanye iklan, langkah selanjutnya yaitu membuat grup iklan dalam kampanye. Setelah itu, anda bisa menetapkan detail kampanye dengan memilih anggaran bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda. Terakhir, anda bisa merancang iklan iklan yang terdiri dari gambar dan video dalam bentuk atau format horizontal, vertikal, dan juga persegi.

Baca Juga : Belajar SEM Dalam Bisnis Online: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Penutup

Setelah mengetahui mengenai jenis digital advertising yang meliputi FB ads, Google ads, dan juga Tiktok Ads, diharapkan anda dapat menentukan perbedaan ketiga jenis iklan digital tersebut. Setelah itu, anda juga bisa menentukan pilihan yang tepat untuk mengiklankan produk atau brand yang anda miliki melalui salah satu dari ketiga media digital advertising di atas.

Semoga informasi mengenai ketiga jenis digital advertising di atas bisa bermanfaat bagi anda, dan jangan lupa update selalu informasi lainnya yang bermanfaat hanya di situs kami, terima kasih.

Article written by Adhitya Tri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Be The Best Version Of You
© 2022 Adpublish.id. Powered by AdPublish Team
layers
1
Support WhatsApp
Hai admin Adpublish. Saya butuh bantuan kak, Mohon untuk dibantu dong kak, terimakasih ^_^